Jumat, 27 September 2013

Tips Belanja Aman di Toko Online

Kemajuan teknologi memudahkan kita dalam hampir segala hal, termasuk dalam soal belanja pakaian. Dengan adanya fasilitas toko online di internet, kita dimanjakan dengan tidak perlu berlelah-lelah pergi ke toko baju dan memilih produk yang diinginkan. Cukup duduk di kursi, berbekal komputer dan koneksi internet, kita dapat memilih beragam jenis pakaian yang bervariasi mulai dari bahan, desain dan harga.

Kelebihan toko online, selain menghemat tenaga, juga menghemat waktu dan biaya. Belanja di departement store dalam waktu satu jam, belum tentu berhasil menemukan baju yang kita inginkan. Namun di internet, dengan mengetikkan kata kunci yang tepat, dalam sepuluh menit kita sudah mendapatkan belasan pilihan yang sesuai selera.


Namun, toko online juga memiliki resiko tersendiri. Penipuan, itu jelas yang paling utama. Bagaimana pihak toko online (yang palsu) menghendaki kita transfer sekian ratus ribu namun barang tak pernah dikirim. Selain itu, kita tidak bisa melihat barang dan ukurannya secara langsung. Bisa jadi yang ada di gambar berbeda dengan aslinya. Kadang, belanja di toko online mendatangkan ketidakpuasan dan kekecewaan tersendiri.

Untuk menghindari hal-hal di atas saat belanja lewat online, berikut ini beberapa tips yang patut dicoba.


1. Teliti bahan dan ukuran

Pastikan terlebih dahulu bahan baju yang akan dipesan, karena beberapa bahan kelihatan berbeda antara di foto dengan kenyataan. Misalnya baju yang terbuat dari wol dan spandex, hasil fotonya akan jauh lebih cerah dari aslinya. Sedangkan foto baju dari bahan katun, twistcone, dan lemon squash biasanya tidak berbeda jauh dengan aslinya. Juga gunakan ukuran standar untuk menyebut ukuran baju yang akan dipesan.

2. Harga

Pembeli tentu menginginkan harga yang murah. Namun, terlalu murah juga mencurigakan. Pilihlah baju yang memiliki harga dalam rentang normal. Misalnya, blazer asli Korea biasanya dijual seharga Rp 250.000 sampai Rp 400.000. Maka, pilihlah toko online yang menjual blazer Korea dengan harga Rp 250.000 sampai Rp 300.000. Di atas itu berarti mahal, di bawah itu berarti terlalu murah dan indikasi penipuan.

3. Testimoni pelanggan

Lihat apakah di toko online tesebut menyediakan tempat untuk testimoni pelanggan atau tidak. Testimoni bisa menjadi tolok ukur kepercayaan dan kepuasan pelanggan.

4. Perhatikan nama toko online

Pastikan toko online tempat memesan baju tersebut sudah memiliki nama atau belum (setidaknya website, bukan blog gratisan). Juga pastikan alamat dan kode area toko tercantum jelas, juga email dan kontak person yang ditulis.


Demikian sekilas tips belanja aman lewat online. Mau rekomendasi toko online yang terpercaya? Klik http://www.jaketonlinekorea.com, dan buktikan sendiri. Kami menyediakan fashion Japanese Style, Korean Style dan jaket anime berkualitas dengan harga terjangkau. Semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar