Kamis, 26 September 2013

Sekilas Sejarah Anime

Anime, sejatinya merupakan tontonan yang diperuntukkan bagi anak-anak. Alur cerita yang seru, gambar yang dibuat sangat menarik, serta karakter yang mudah diingat, menjadikan anime (atau yang secara sederhana disebut kartun) merebut tempat di hati anak-anak.

Namun, pada kenyataannya anime tidak hanya menjadi tontonan usia anak-anak. Remaja dan dewasa pun, terbilang sangat menyukai dengan serial yang kebanyakan buatan Jepang ini. Alasannya bermacam-macam. Ada yang karena tokoh-tokohnya berwajah bagus, cantik dan tampan, seperti dalam Detective Conan dan Death Note. Ada juga karena ceritanya keren dan sangat cowok, seperti Naruto dan Bleach. Ada yang karena latarnya unik, seperti One Piece dan Dragon Ball. Semua alasan tersebut menjadikan anime menjadi "santapan" bersama baik tua maupun muda.


Tapi, tahukah Anda, bahwa penemu anime ternyata bukanlah orang Jepang? Yups, anime pertama kali dibuat oleh orang Anerika pada tahun 1927. Jepang kemudian mengikuti langkah itu dan anime pertama dengan menggunakan suara musik adalah Kujira (1927) karya Noburo Ofuji. Sedangkan anime pertama yang "berbicara" adalah karya Ofuji yang berjudul Kuro Nyago (1930) dan berdurasi 90 detik. Salah satu anime yang tercatat sebelum meletus Perang Dunia II dan merupakan anime pertama dengan menggunakan optic track (seperti yang digunakan pada masa sekarang) adalah Chikara To Onna No Yononaka (1932) karya Kenzo Masaoka.

Setelah Perang Dunia II, industri anime dan manga bangkit kembali berkat Osamu Tezuka. Orang yang dijuluki "God of Manga" ini pada saat itu baru berusia sekitar 20 tahun dan karyanya adalah Shintakarajima yang muncul pada tahun 1947. Hanya dalam beberapa tahun saja, Tezuka kemudian menjadi sangat terkenal. Tezuka juga orang yang menciptakan anime berdurasi 3 menit Aru Machi Kado no Monogatari (1962), yg terkenal sebagai Astro Boy di Amerika Serikat.

Nah, itu tadi sekilas sejarah anime di Jepang hingga sampai terkenal seperti saat ini. Ternyata dibutuhkan waktu kurang lebih tujuh puluh tahun hingga anime dapat "sempurna" seperti yang kita nikmati saat ini. Kita harapkan akan terus ada perkembangan di dunia anime di masa mendatang.

Kalau sobat-sobat penggemar anime juga, yuk kunjungi http://www.jaketonlinekorea.com. Tersedia jaket anime berbagai variasi mulai One Piece sampai Naruto. Bahannya berkualitas, desainnya bagus, dan harganya murah. So cepetan order dan buktikan kecintaanmu terhadap dunia anime dengan memakai jaketnya.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar