Selasa, 08 Oktober 2013

Tips Merawat Rambut Pria

Sebagian kaum pria memang tidak begitu mempersoalkan perihal rambut. Bagaimana pun keadaan rambut dianggap sebagai suatu kodrat semata. Dan, kebanyakan laki-laki memang tidak menganggap bahwa rambut sebagai suatu mahkota sebagaimana lazimnya kaum wanita.

Namun tidak sedikit kaum adam yang merasa bermasalah dengan rambut. Misalnya rambut tidak subur, kering, atau tumbuh uban sebelum waktunya. Hal ini sering mendorong laki-laki untuk melakukan upaya yang biasa dilakukan wanita mengatasi masalah rambut tersebut. Ada yang menerapkan cara-cara alami namun lebih banyak menggunakan produk perawatan rambut tertentu.


Perawatan terhadap rambut pria bertujuan agar rambut tumbuh subur, hitam berkilau, dan indah dipandang mata sehingga meningkatkan performa dan rasa percaya diri. Tentu saja, tujuan ini sangat logis. Bagaimana seorang anak muda/berusia muda akan percaya diri dengan rambut yang ditumbuhi uban, rambut tipis, setengah botak, atau tidak berambut sama sekali kendatipun itu dipengaruhi oleh faktor genetis.

1. Cuci rambut secara tepat
Banyak pria yang asal mencuci rambutnya. Mereka beranggapan bahwa mencuci rambut setiap hari adalah cara agar rambut tetap bersih. Untuk meminimalkan kerusakan, cuci rambut sesuai kebutuhan. Terlalu sering mencuci rambut hanya akan membuatnya kusam dan menghilangkan minyak alami rambut.

2. Gunakan gel secukupnya
Gel memang menjadi senjata ampuh untuk membuat rambut pria menjadi tampak keren. Tapi gunakan gel dengan hemat dan pilih yang bebas alkohol. Bahan yang terkandung dalam gel bisa merusak rambut jika terus digunakan terlebih dalam jumlah banyak.

3. Pakai shampo yang tepat
Tiap jenis shampo mempunyai fungsinya masing-masing pada rambut. Jika Anda memiliki masalah kerontokan, pakai shampo yang mencegah kerontokan, jangan gunakan yang anti ketombe, sebab tak akan menyelesaikan masalah rambut Anda.

4. Rutin memangkas
Rutin memangkas rambut akan membuat rambut Anda lebih kuat dan tidak kusam. Akar rambut juga akan lebih kuat.

5. Makanan bergizi
Perawatan rambut tidak hanya dilakukan dari luar, tapi juga dari dalam. Konsumsi makanan bergizi untuk merangsang pertumbuhan rambut dan menjaganya tetap lembap serta kuat.

Meski perawatan rambut pria sangat praktis, tapi jangan disepelekan demi terciptanya rambut sehat.

Selain merawat rambut dengan baik, pria juga perlu merawat diri dan memerhatikan penampilan dengan baik pula. Pilihlah fashion yang tepat, sesuaikan dengan kepribadianmu, maka dirimu luar dan dalam akan terawat baik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar